Profil

Social Politic Genius (SIGn) Institute merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di wilayah riset dan pemberdayaan masyarakat. Terbentuk sejak tahun 2015, SIGn Institute melakukan kegiatan di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Adapun daerah yang pernah dijajaki ialah Kota Makassar, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Pangkep.

Riset Bus Rapid Transit / BRT pernah dilakukan di Kota Makassar. SIGn Institute saat itu bekerjasama dengan kawan-kawan dari HMI Komisariat Ekonomi Unhas Cabang Makassar Timur. Meskipun pada akhirnya mandek, dikarenakan adanya perubahan kebijakan pemerintah Kota.

Selanjutnya, Kabupaten Takalar menjadi salah satu daerah riset kebudayaan yang dilakukan antara SIGn Institute dengan kawan-kawan dari Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar. Riset yang dilakukan ialah berseputaran tentang Sayyed dan Peringatan Maudu’ Lompoa.

Pengelolaan ruang pekarangan masyarakat dengan menanam tanaman yang berguna untuk dikonversi menjadi nilai ekonomi atau dikonsumsi untuk kebutuhan rumah tangga, juga tidak luput untuk dilakukan. SIGn Institute mensosialisasikan pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanam tanaman lombok yang dikelola oleh warga. Kegiatan ini dilakukan di daerah kawasan kompleks pemukiman Tonasa 1, Kabupaten Pangkep.

Tahun 2020, SIGn Institute kemudian melangkah ke Kabupaten Bantaeng. Setahun berikutnya yaitu tahun 2021, SIGn Institute menjalankan Program Perpustakaan Desa di Desa Biangloe, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng. Pengawalan yang dilakukan antara lain dalam mengelola Perpustakaan Desa tersebut. Salah satu tujuannya adalah mengembangkan minat baca bagi masyarakat desa serta menjadikan perpustakaan desa menjadi muara kajian akademis dalam menghasilkan suatu gagasan yang mampu bersumbangsih atas kemajuan desa.

.